Drama Korea adalah sejenis….

Ada banyak drama yang diproduksi oleh negara-negara Asia Timur sana, antara lain Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan. Postingan kali ini gue hanya fokus membahas drama Korea, karena memang ini kesukaan gue. Untuk drama Taiwan dan Jepang ga terlalu sering gue makan konsumsi.

Akhir-akhir ini film dan drama Korea merajalela di negara kita ini (bahkan beberapa bagian di dunia, juga Eropa), gue pun meyakini bahwa sebagian dari para Abege, Wanita, bahkan Pria, ada yang ‘Nomu nomu chuahada’ (Sukaaaa banget) nonton drama yang diproduksi oleh negara Korsel itu. Korea memang terkenal sebagai negeri ginseng,  negeri yang mencatat angka plastic surgery cukup tinggi, terutama di kalangan artisnya baik wanita maupun pria. Ga heran kalau mereka cakep-cakep.

Dikenal dengan sebutan K-Drama, mulai beken di Indonesia ketika gue kelas 1 SMA (ketika itu tahun 2000), gue pun mengawali perkenalan dengan nonton drama yang berjudul Endless Love (Wonbin n Song Hae Gyo), diikuti dengan Winter Sonata (Bae Yong Jun), All About Eve (Jang Dong Gun, Che Rim), dan lainnya sampai hari ini (terlalu banyak kalo dijelasin).

Entah kenapa, setiap kali gue nonton K-drama, badan gue rasanya ada magnet sama si kursi, si lantai, bahkan si ranjang. Ya, tempat favorite gue nonton adalah di ruang tamu, atau di kamar. Susaahhhh banget ya mau beranjak buat sekedar mandi, makan, angkat telepon, dan kegiatan lainnya (untungnya belajar masih menjadi prioritas saat itu..hahaha).

Alasannya banyak, ga pengen berhenti liatin pemerannya yang keren, penasaran sama jalan ceritanya (walaupun itu baru episode 1), tanggung (selesain 1 disc), dan lainnya. Ini beneran kisah nyata, gue alamin sendiri bagaimana sekali udah nonton drama yang bagus dari episode awal, gue akan malas untuk beranjak. Bagus di sini adalah ketika Pemerannya yang cakep-cakep, jalan cerita yang lucu dan seru di awal-awal film.

Rata-rata K-drama berkisar antara 15-20 episode, kalau udah lebih dari 20 episode berarti udah tergolong drama yang panjang (dan berbelit-belit, mungkin). Makanya kenapa nontonnya ga bosen, karena sinetron bikinan negeri ginseng ini ga berlama-lama tamatnya.
Ditambah lagi masing-masing drama punya Soundtrack yang bagus-bagus, yang menambah nilai donk ya…:)

Tanpa mengurangi rasa hormat gue terhadap drama produksi dalam negeri sendiri, Masih ingat sinetron kita yang mentang-mentang rating tinggi, langsung dibikin sekuel dan season 1-7,dan seterusnya, sampe ceritanya ga masuk akal, sampe yang jahat semakin jahat, yang baik semakin terpuruk?

Nah… tidak demikian dengan K-drama. Mereka membuat alur ceritanya dengan jelas, dari Perkenalan tokoh, mulai konflik, puncak konflik, konflik menurun, dan ending. Namun disajikan secara indah dan tidak monoton. Itu yang dinginkan para pecinta drama, termasuk gue. hehehe…

Namun, di samping semua keindahannya, gue mengakui bahwa K-drama membawa beberapa dampak positif, dan negatif tentunya… Mari kita simak bersama apa sih positif dan negatifnya?? Kita mulai dari yang negatif dulu deh yaaa…

Efek Negatif:

  1. Terlalu lama di depan TV atau notebook, membuat sakit mata dan leher anda. (Umum, pecandu games juga)
  2. Membuat kita jadi malas. Malas mandi, malas makan, malas tidur, jangan sampe malas belajar dan bekerja. (Umum, pecandu games juga)
  3. Bangun pagi menjadi relatif kesiangan. Kesiangan masuk sekolah, kerja, telat meeting, ketinggalan pesawat, and more…. (Umum, pecandu games juga)
  4. K-drama cenderung memberikan harapan kosong kepada sebagian remaja perempuan, dengan cerita romantis dan pria tampan, mereka menjadi menetapkan sebuah standar. Standar untuk mendapatkan pacar atau calon suami adalah seperti tokoh di drama tersebut. Ketika, di dunia nyata mereka ga mendapatkan pria seperti itu, mereka berpotensi kecewa. (Khusus)
  5. ……………………….(isi sendiri yaaaa…)

Efek Positif:

  1. Memberikan wawasan luas tentang negara tersebut, dari makanannya, objek wisata, budayanya, bahasanya, dan ide-ide fashion mereka. Mereka cukup kreatif dalam hal ini.
  2. Mengisi waktu kosong saat bosan, baca buku udah, denger musik udah, nonton infotainment basi ah, ya udah nonton drama aja deh… (ini menurut gue loh…)
  3. Membuat kita cukup kreatif untuk menyatakan, mengekspresikan cinta dan rasa sayang…. wedehhh… ini nyontek ya? bukan kok, hanya mencari inspirasi, misalnya lagi merasa monoton sama hubungan dengan pasangan, boleh diliat apa yang bisa dilakukan bersama. Mereka banyak loh adegan ngedate sama pacar, jadi kita pun bisa dapet ide dari film ini, huahahahaha… maaf, ini bukan ajang Curcol.
  4. ………………….(silahkan isi sendiri, bagi yang merasa ada efek positif lainnya dari nonton drama-drama mereka).

Sebenernya ada 1 lagi, tapi gue ragu-ragu harus mengkatogerikan ini dimana…. Ini adalah…:

  • Disamping para remaja perempuan, sebagian remaja laki-laki pun mendapatkan efeknya. Mereka berlomba-lomba berpenampilan seperti artis Korea, entah karena memang ngeFans abis, atau untuk mendapatkan hati para gadis pujaan hati mereka (yang notabene menetapkan standar pengen punya pacar kayak yang kayak begitu..) hahaha…  –> Untuk yang ini, terserah masing-masing orang deh, relatif…. >.< Kalo gue sih, cenderung ke negatif ya.

Jadi, sejauh kita bisa menilai, mengambil sisi positif, dan mengendalikan diri untuk berpikir wajar, maka kita benar-benar menikmati K-drama sebagai hiburan yang menyenangkan. hahaha…

Dan, apapun itu, segala sesuatu yang terlalu berlebihan, hasilnya cenderung tidak baik, begitu juga dengan nonton 🙂 Be wise!

Kesimpulannya, Drama Korea adalah sejenis………… (isi sendiri lagii yaaa!) ^^

Kalau bagi gue, Drama Korea adalah sejenis Kimchi yang baru keluar dari kulkas. Menyegarkan, dan pedes-pedes asik. Sejenis makanan donk yaa?? hehehe…

BakerKingKimTakGu

Baker King - Best Drama, KBS Drama Awards 2010

~Annyonghi kasayo~

~Annyonghi kashipshiyo~

Advertisements

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in In Her Mind. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s