Maaf, Ini Bukan Kebiasaan Gue

Ada beberapa perbedaan yang menyangkut kebiasaan, budaya, dan sopan santun menurut gue, dan sebagian orang… Makanya disini gue pengen membahas salah satu hal yang tidak lazim menurut gue, tapi mungkin wajar bagi orang lain.

Mari kita bahas…

Saat gue pulang kantor, kadang ada 2 temen gue yang nebeng sampe depan. Yang 1 sampe depan gerbang komplek (si senior), yang satu lagi sampe depan ujung perpecahan jalan, yang kebetulan gue lewatin setiap pulang kantor (si junior, baru masuk kerja). Jadi, posisi duduk mereka adalah si senior di depan (samping gue), dan si junior di belakang senior (kiri belakang). Si senior turun di depan komplek untuk melanjutkan perjalanan naik angkot. Otomatis kursi di samping gue kosong, dan si junior duduk manis di belakang. Pertanyaannya sekarang, jika posisi kalian seperti itu di saat itu, apa yang akan kalian lakukan?

  1. Tetap pada posisi semula dan kita melanjutkan perjalanan?
  2. Pindah posisi ke samping gue dan kita melanjutkan perjalanan?

Dan ternyata dia memilih opsi pertama. Ketika gue bilang, “Pindah depan donk.”, dan jawaban dia adalah, “Gak papa, aku di belakang aja.” Saat itu, gue cukup sangat kaget, bahwa kebiasaan gue dan dia (atau mungkin beberapa orang lain) ternyata beda banget. Karena dari apa yang selama ini gue pahami, jika kita ikut mobil seseorang, dan kursi di sampingnya kosong (setelah orang yang lain turun), maka kita harus pindah duduk ke depan, sebagai bentuk menghormati dan menghargai sang pemilik mobil. Mengapa? Jawabannya adalah, Tanpa bermaksud menyinggung suatu profesi, artinya kita tidak menganggap si empunya mobil sebagai seorang supir. Logikanya gini, kita di mobil pasti ngobrol donk sama dia, mana enak sih ngobrol depan belakang, tanpa bisa melihat ekspresi wajahnya? Kalau duduk disebelah kan kita bisa lebih santai ngobrolnya, apalagi gue tipe orang yang reflek memandang lawan bicara. Bayangkan. kalau gue harus setiap kali nengok ke belakang untuk ngobrol, ataupun memandang melalui kaca spion. Hal itu tidak menyenangkan bagi gue.

Di lain kesempatan, cara upaya gue akhirnya adalah meminta si junior duduk di depan, gantian posisi sama si senior dengan alasan dia keluar belakangan, tapi ternyata budaya mereka adalah “Yang senior kudu duduk di depan.” ohhh okay, gue baru tau nih yang begini ini… Ga masalah sih kalo ini, tapi tetep aja aneh bagi gue kalau dia enggan memindahkan duduknya ke depan.

Jadi ini lah yang gue maksud perbedaan budaya dan kebiasaan, gue tidak terbiasa dengan hal ini.

Apakah gue yang salah? Atau hal tersebut memang wajar adanya?

errrr….

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in In Her Mind. Bookmark the permalink.

7 Responses to Maaf, Ini Bukan Kebiasaan Gue

  1. id@ says:

    Hahaaa…. Lucu juga ya, g jg suka gt, tp kebalikannya g yg malah suru dia tetep di belakang, tp kebanyakan temen g yg nebeng, pada gak enak n nawarin g ke depan ya “masa u jadi supir” hehee

    • neitneit says:

      Wah,lo lagi malah suru dia tetep diblakang…bhahaha.. Tp setidaknya, etika temen2 lo lebih baik, krn mereka yg menawarkan diri untuk pindah depan. 😀

  2. cher says:

    mwhahhahaa..sabar jenk, sabar.. tapi kalo gue “lo pilih pindah duduk ke depan sekarang atau kita hentikan kebersamaan perjalanan kita sampe disini heh?!!” wkwkwkkwk *kompormeledug*

  3. dr. Miki says:

    Pindah ke depan. Sebab menjadi sopir terasa lebih rendah dari senior-junior.

    😀

  4. Stephanie says:

    suru pindah ke bagasi dong tien kalo ga mau pindah ke depan… wkwkwkwk

    *kabur

  5. neitneit says:

    gue sih pengennya pindahin dia ke atap aja, biar serasa naik kereta api. hahaha…

Leave a Reply

