Hei Hei Lunar Birthday

Apa itu Kalender Lunar?

Kalender lunar, kalender qamariyah, kalender candra atau kalender bulan adalah sistem penanggalan yang didasarkan atas perhitungan fase bulan. Setiap hari dalam penanggalan ini menandakan satu lokasi bulan dalam berevolusi terhadap bumi.

Mayoritas kalender lunar adalah kalender yang bukan murni mendasarkan perhitungan tanggalnya pada fase bulan saja, melainkan juga memperhitungkan pergantian musim yang dipengaruhi oleh peredaran bumi terhadap matahari. Kalender sejenis ini disebut sebagai kalender lunisolar. Satu dari sedikit kalender yang murni mendasarkan perhitungannya pada fase bulan adalah kalender Arab dan kalender Jawa Islam. Bila jumlah hari dalam kalender solar atau lunisolar berkisar antara 354 hari sampai 384 hari pertahunnya, maka dalam kalender lunar, jumlah hari pertahunnya tetap 354 hari. (Sumber: Wikipedia)

Kalau di penanggalan Jawa  dan penanggalan Islam ada yang namanya Muharram, Safar, Rabi I, Rabi II, Jumada I, Jumada II, Rajab, Sha’ban, Ramadhan, Syawal, Dhu-al-Qada, Dhu-al-hijja, dan hariannya ada Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Maka di Penanggalan Bulan ada yang namanya Cia Gwee, Jie Gwee, Sha Gwee, Sie Gwee, Go Gwee, Lak Gwee, Cit Gwee,  Pee Gwee, Kauw Gwee, Cap Gwee, Cap It Gwee, dan Cap Jie Gwee.

Jumat, 20 Mei 2011

Adalah hari ulang tahun bokap gue, tapi ini bukan tanggal lahir seperti di Akte Lahir maupun KTP, ini adalah ultah penanggalan chinese nya alias Lunar Birthday, yang jatuh setiap bulan Sie Gwee tanggal 18 (alias bulan ke-4 hari ke-18), dan tahun ini jatuh pada tanggal 20 Mei 2011. Keluarga gue secara turun temurun memang merayakan hari ulang tahun sesuai penanggalan Lunar, gue sendiri ga tahu begimana perhitungannya,  pokoknya di calender sobek (kalender harian) yang ada bahasa chinese nya, pasti ada penanggalan lunarnya deh, dan pastinya setiap tahun jadi beda-beda tanggal ultahnya (kalender matahari). Lucunya juga, umur kita kalau sesuai Lunar, pasti ditambah 1 tahun. Misalnya nih, bokap gue kan lahir tahun 1950, otomatis di tahun 2011 ini umur bokap adalah 61 tahun, namun karena kita sesuaikan dengan Lunar calender, maka umur bokap sekarang adalah 62 tahun. Denger-denger, Alasannya sih, karena umur kita sudah dihitung sejak dalam kandungan.

Sabtu, 21 Mei 2011

Mengingat ulang tahun lunar gue tidaklah sulit, karena bertepatan 1 hari setelah bokap gue ulang tahun lunar juga (gue Sie Gwee tanggal 19). Beginilah ceritanya 26 tahun yang lalu…

Pada tangal 6 Juni 1985 (kebetulan hari itu adalah ulang tahun Lunar bokap gue), setelah pulang dari makan malam ulang tahunnya, tiba-tiba nyokap gue merasakan sakit perut yang luar biasa, lalu mereka buru-buru ke rumah sakit untuk bersalin, dan besok paginya pun gue dilahirkan… 🙂 Yah begitulah mengapa gue dan bokap memiliki sifat yang mirip, wong ulang tahunnya juga deketan gitu, hehehe…

Kembali ke masa kini, jadi tuh tanggal 21 Mei kemarin adalah ultah lunar gue, ga banyak teman-teman yang tahu, dan biasanya kalau sama keluarga gue menggunakan penanggalan Lunar untuk mendapatkan ucapan ulang tahun, hehehe… tapi kalau sama teman-teman gue menggunakan penanggalan matahari seperti biasanya.

Gue menghabiskan malam bersama keluarga, dan keluarga sang pacar. Kita dinner di Central Park di salah satu restaurant teppanyaki yang bernama Tatsuya. Seni makan di resto ini adalah, chef-nya memasak langsung di depan kita, ini sih udah banyak ya resto yang seperti ini, yang bikin beda adalah kita bisa ngobrol dan konsultasi sama chef-nya, apalagi kebetulan orangnya asik, lucu dan gempal, namanya Chef Rojalih.

Chef Rojalih

Chef Rojalih

Dan dia tahu kita lagi merayakan ultah gue, jadinya dia memberikan gue compliment,  Sepiring Ice Cream Bakar. Jadi tuh 2 potong pisang, dipanggang di atas kompor, sampai sudah lebih menguning, 1 scoop ice cream vanilla diletakkan diatas pisang yang lagi dipanggang, lalu di sekeliling pisang dan ice cream itu diberikan minyak, lalu api dinyalakan di atas minyak tersebut. Api seketika mengelilingi si pisang dan ice cream, tapi hanya beberapa detik, kemudian padam, dan langsung disajikan di atas piring kecil, tidak lupa ditaburi kayu manis bubuk. Rasanya? Dengan sensasi hangatnya pisang dan dinginnya ice cream vanilla, hmmm Sangat Lezat… 🙂 Thanks, Chef Rojalih.

Ice Cream Bakar

Ice Cream Bakar

Yah, jadi beginilah kisah ulang tahun lunar gue bersama keluarga, sangat menyenangkan tentunya 😀

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in Her Daily News. Bookmark the permalink.

One Response to Hei Hei Lunar Birthday

  1. SaniAgung says:

    wow. tulisan mu kok bagus-bagus sih ? 😯

    kunjung balik ya kawan 😉

Leave a Reply

