[Puisi] :: Sapardi Djoko Damono ::

Beberapa puisi karya Bapak Sapardi Djoko Damono ini membuat gue terpukau…. Di antaranya gue post di sini. Enjoy.

[Aku Ingin Mencintaimu dengan Sederhana]

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana.

Dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana.

Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.

[Sajak Kecil Tentang Cinta]

mencintai angin harus menjadi siut
mencintai air harus menjadi ricik
mencintai gunung harus menjadi terjal
mencintai api harus menjadi jilat
mencintai cakrawala harus menebas jarak
mencintaimu harus menjadi aku

[Dalam Bis]

langit di kaca jendela bergoyang
terarah ke mana wajah di kaca jendela
yang dahulu juga
mengecil dalam pesona

sebermula adalah kata
baru perjalanan dari kota ke kota
demikian cepat
kita pun terperanjat
waktu henti ia tiada…

[Hatiku Selembar Daun]

hatiku selembar daun melayang jatuh di rumput

nanti dulu, biarkan aku sejenak terbaring di sini

ada yang masih ingin kupandang, yang selama ini senantiasa luput

sesaat adalah abadi sebelum kausapu tamanmu setiap pagi

Gue masih mencari-cari makna yang terkandung di dalam puisi Hatiku Selembar Daun itu maksudnya apa. Ada yang bisa bantu? Hiks…

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to [Puisi] :: Sapardi Djoko Damono ::

  1. dr. Miki says:

    Intepretasi gue si tentang hatiku selembar daun adalah tentang kefanaan manusia, mencermati hidup, dan melepas kematian dengan damai. Kayaknya sih.

    • neitneit says:

      Hmmm kayaknya bisa juga sih ya va 🙂 “sesaat adalah abadi sebelum kausapu tamanmu setiap pagi” mungkin perumpamaan bahwa hidup hanya sesaat, dan besok paginya bisa aja ‘kita’ yang disapu dari tamannya itu. 😀

Leave a Reply

