No SARA, and iHate Hoax!!

Jaman sekarang teknologi melesat demikian hebatnya, Smart Phone hadir dimana-mana, Social Network/Media juga banyak, sebagai masayrakat Indonesia, gue cukup kagum dengan High Tech nya masyarakat kita, ternyata orang-orang Indonesia tidaklah Ndeso.

Namun sayang, berjuta-juta sayang, terkadang Smart Phone dan Social Network/Media tidak disertai dengan pengguna-penggunanya yang bijaksana dalam mengirim pesan berantai ataupun yang beken dengan sebutan Broadcast Message alias BM.

Gue pribadi merasa ‘risih’ dengan BM yang berisi pesan berantai seperti :

“Bla..bla…blaaa… (cerita agama gitu)… Jika anda percaya kepada kuasa Tuhan, kirimkanlah pesan ini kepada 10 orang di hp anda, maka malam nanti anda akan mendapat kejutan dari orang yang special, jangan sampai pesan ini berhenti di tangan anda atau kejadian menakutkan akan menimpa anda.”

—> ini gilaa!!! Tuhan tidak pernah meminta umatnya untuk kirim-kiriman pesan kayak gini, ga pernah menjanjikan nanti malam akan ada kejutan! Emangnya Tuhan mengukur iman atau kebajikan umatnya dari berapa banyak pesan yang dikirim-kirim?? Emangnya Tuhan akan menghukum umatnya dengan kejadian menakutkan jika dia menolak mengirimkan pesan-pesan seperti itu?? Kalau begitu adanya, wuahhh ‘kejam’ sekali yah Tuhan nya si pembuat pesan?! Edan…wong edan!! Mungkin ini hanyalah lelucon bagi pembuatnya, namun apakah si penerima pesan juga menganggap ini sebagai lelucon?? Di sini, gue lebih menyayangkan sikap-sikap si penerima pesan sih, yang langsung percaya dan membabi buta kirim-kirim BM itu ke semua email maupun list di Blackberry Messenger-nya. Ini kisah menyebalkan yang pertama, dan sering gue jumpai dari jaman SMP!

Ada lagi 2 minggu terakhir ini, gue mendapatkan Broadcast Message di BBM, dan isinya sungguh menyebalkan, mari dibaca:

“Pemberitaan di KOMPAS, sedang merencanakan REVOLUSI/Penggulingan Pemerintah, 100.000 orang termasuk komponen ormas radikal akan turun ke jalan!! Benar tidaknya kita tetap harus waspada saling bantu membantu:

Hati-hati! Minggu, 23 Oktober 2011 jangan ke mana-mana! Kemungkinan besar ada pemberhentian presiden yang membuat kerusuhan seperti Mei’98 .

Prediksi Surabaya, Jakarta, Bandung, Solo, Medan, dan kota-kota besar akan terjadi kerusuhan di jalan-jalan besar dan jika melihat perempuan remaja (etnis Tonghoa khususnya) akan diperkosa!

Jadi tolong buat cewek-cewek hari Minggu 23 Oktober 2011 jangan keluar ke mana-mana kemungkinan besar hal ini akan terjadi..

Waspadai hingga akhir bulan, karena Indonesia RED WARNING!

—> Ini juga gila!!! Gue yakin seyakin-yakinnya, ini HOAX! Tapiii, puluhan orang di list BBM gue mengirimkan berita ini, lagi, dan lagi….! Oke, mungkin pemerintahan SBY sedang digunjing sana sini, terlebih isu reshuffle sangat kencang terdengar beberapa minggu yang lalu. Terus?? Apakah hal ini ada hubungannya dengan Etnis Tionghoaaa?? Yang salah pemerintah kok yang dijadikan kambing hitam etnis tertentu? Kenapa harus selalu mengadu domba segala etnis dan agama sih?? Kenapa harus mudah percaya dengan isu-isu moral seperti itu?

Bagi orang-orang yang gampang-percaya, tentunya BM seperti itu malah jadinya meresahkan masyarakat. Iya, mungkin memang benar, di negara yang katanya Bhinneka Tunggal Ika ini, isu-isu yang terkait agama, ras, suku, dan kepercayaan memang sangat-sangat sensitif. Dan hal ini malah digunakan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab untuk membuat resah sebagian masyarakat, dan MENGADU DOMBA! Entah bagaimana, gue kok merasa yakin banget ya kalo masyarakat kita ini lagi di Adu Domba, contohnya? Ya BM-BM sejenis ini lah!! Dan sayangnya, banyak dari sebagian masyarakat yang termakan isu ini dan akhirnya terpengaruh, parno sendiri, dan bahkan menjadi benci dengan kalangan tertentu. Gue percaya, Bhinneka Tunggal Ika masih pantas buat negara kita, biarkan burung Garuda tetap bertegger di antara foto presiden dan wapresnya, jangan biarkan burung Garudanya terbang pergi.

Memang, kejadian Mei’98 adalah sejarah buruk dan luka bagi negara ini dan bagi etnis minoritas, bahkan sampai 13 tahun berlalu, luka tersebut pasti masih membekas bagi para korban hidup dan keluarga yang ditinggalkan. Namun gue yakin, kejadian itu tidak hanya merugikan etnis minoritas. Ini luka bangsa, cuy. Dan bagi para pelaku-pelakunya, kita bisa berbuat apa? Ga ada. Pemerintah bisa apa? Ga tau. Tapi, Karma Does Exist.

Satu hal yang bikin gue yakin bahwa ini adalah adu domba adalah, ketika pacar gue juga mendapatkan BM ini, yang dikirim oleh teman kantornya yang seorang Pribumi dan Muslim, baca BM nya dan temukan perbedaannya, ya:

“Pemberitaan di KOMPAS, sedang merencanakan REVOLUSI/Penggulingan Pemerintah, 100.000 orang termasuk komponen ormas radikal akan turun ke jalan!! Benar tidaknya kita tetap harus waspada saling bantu membantu:

Hati-hati! Minggu, 23 Oktober 2011 jangan ke mana-mana! Kemungkinan besar ada pemberhentian presiden yang membuat kerusuhan seperti Mei’98 .

Prediksi Surabaya, Jakarta, Bandung, Solo, Medan, dan kota-kota besar akan terjadi kerusuhan di jalan-jalan besar.

Waspadai hingga akhir bulan, karena Indonesia RED WARNING!

Sudah temukan perbedaannya??

Yappp, mereka tidak menyertakan kata-kata : “dan jika melihat perempuan remaja (etnis Tonghoa khususnya) akan diperkosa!” Tidak sama sekali! Jika kita mau berpikir positif, tentunya kita akan menemukan bahwa mereka-tidak-ingin-membahas-isu-sara-di-sini. Jadi gue yakin seyakin yakinnya, bahwa ini adalah siasat ADU DOMBA dan jangan mau diadu domba! karena kita adalah Manusia, bukan Domba!

Tadi malam gue juga mendapatkan (lagi) broadcast message yang membawa-bawa etnis. HOAX HOAX HOAX!!! iHate!!

“Telah terjadi kerusuhan di sekitar Monas. Bagi para pengendara sepeda motor diharap berhati-hati…karena sudah terbakar 30 kendaraan lebih, bagi para Tionghoa di harapkan berhati-hati!”

Gilaaaa!!! Coba dihitung, udah berapa kali gue tulis kata ‘Gila’ di postingan kali ini?! Haduhhhh plis donk, bapak, ibu, saudara-saudari, yang katanya masyarakat modern! Jangan termakan oleh isu-isu berbau SARA!!!! Okelah jika anda-anda termakan oleh isu-isu di sini rusuh, di sana rusuh, tapi jangan mudah termakan oleh isu sara macam begitu. Mau sampe kapan sih kita, masyarakat, mau dipengaruhi dan diadu domba?

Jika pun ada yang tidak senang dengan kehadiran etnis tertentu di negara ini, itu adalah masalah mereka sendiri. Gue yakin dari berjuta-juta penduduk Indonesia, sebagian besar mengharapkan hidup yang damai dan bisa saling berdampingan, bukan saling menghancurkan.

Huh….gue juga selalu menghela napas setiap kali mendapatkan Broadcast Message, terutama yang berisi tentang SARA dan kejadian basi. Contohnya? “Jangan lewat tol Pluit, ada Truk Box terguling dan menyebabkan macet.” Ehhh ternyata itu berita 2 hari yang lalu! Gue juga pernah salah begitu, sejak itu gue selalu cari informasi tentang kebenarannya dulu baru berani kasih info ke yang lain. Intinya, gak asal broadcast dan gak asal percaya!

Jadi, para pengguna Smart Phone, bijaksanalah dalam menyebarkan berita.

iHate hoax!

Advertisements

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in Her Daily News, In Her Mind. Bookmark the permalink.

7 Responses to No SARA, and iHate Hoax!!

  1. lenny says:

    §etuju bgt sm post lo ini, Tin!
    Paling sebel kalo dikirimin bbm berantai yang seolah2 ‘mengancam’ pake embel2 Tuhan segala. Tu yg mulai kynya ga pernah bljr agama d.

    Skrg bbm yg meresahkan semakin menjadi2 si. Tp g sendiri jg pernah belajar, pernah broadcast, tnyt beritanya hoax, jd ga enak sndr, skrg kl mao broadcast jd ngecek2 ulang dl, apa bener apa ga beritanya.

  2. a_music_of_life says:

    BM emank suka ngaco. Kadang-kadang gua bingung, apa sih yang ada di kepala para pembuat BM itu. Iseng sih boleh, tapi iseng di BM sudah jelas keterlaluan! Makanya sekarang juga gua ati-ati, ga mau sembarangan nyebarin BM.

  3. Ing Marina says:

    stujuuuu.. Sebel bangett ma berita beginian..
    Dan ini bukan BM doank, tp dr sms juga..
    Suami bukan pengguna bb, tp bisa dpt aja sms macam ini .. x_x

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s