Micheltien’s Sushitiam

Kemarin sore gue dan pacar jalan ke Taman Anggrek, tujuannya sih mau cari kado buat keponakan yang akan berulang tahun. Lalu hari udah mulai malam, udah hampir jam 6, kita mikir mau makan apa ya, makan di mall bosan, makan di rumah eh tapi baru inget di rumah sayurnya habis, daging masih di freezer. Jadinya kita cari-cari ide ke Hero Supermarket.

Tadinya pengen masak shabu-shabu aja di rumah, tapi kok kayaknya sayang beli sayur di Hero, mahal cuyy, mendingan beli di tukang sayur kan. Hahahaha… Pelit? Yah, lagi kumat emang pelitnya. Jadi akhirnya, daripada beli sayuran yang jelas lebih mahal daripada di pasar dan tukang sayur, mendingan beli bahan masakan yang jarang gue bikin, alias, bereksperimen.

Dan eksperimen kami akhirnya jatuh pada…membuat Sushi Roll. Kedengerannya biasa aja yah, tapi namanya percobaan, tetep aja jadi seru.

Hmmm… Mata gue tertuju langsung pada Bamboo Mat di rak paling bawah, pacar nanya “Itu apaan? Kamu mau bikin apa?”, gue jawab “Ayo bikin Sushi aja di rumah.”

Bamboo Mat

Bamboo Mat

*gambar dari internet

Otak dan mata gue langsung bekerja, mengingat-ingat di rumah ada bahan masakan apa aja, dan mikir mau beli apa lagi.

Okeh, Seaweed yang lebar udah ketemu, sosis Kanzler favorite kita lagi diskon lumayan bangetttt, setiap bulan selalu ada 1 supplier yang kasih diskon, dan kebetulan bulan ini sosis Kanzler yang lagi diskon. Ihiyy… Tidak lupa membeli Mayonnaise.. Eh lumayan lagi, kata si mbak kasir semua bahan masakan Jepang lagi diskon pula.

Roasted_seaweed_for_sushi

Roasted_seaweed_for_sushi

Udah, cuma itu bahan-bahan yang kami beli. Mungkin aneh liatnya, kok sushi gak pake tuna, gak pake unagi, gak pake crab, tobiko, dan lainnya… Karena kita statusnya masih pemula dan mencoba, jadi pake bahan-bahan yang umum dan yang tersedia di hadapan mata dulu. Hehehe…

Sampai di rumah, gue buka-buka kulkas dan lemari makanan, cek apa aja yang bisa gue ambil untuk jadi bahan makanan, dan gue mendapatkan:

– Ketimun lokal. check!

– Telur ayam negeri 2 butir. check!

– Abon sapi/ayam. check!

– Kecap angsa. check! —> terlalu asin nampaknya, gara-gara lupa beli kecap Jepang.

– Minyak Wijen. check!

– Kacang Wijen. check!

– Garam. check!

– Kerupuk Pempek Ikan bikinan nyokap. Check! —> Tau donk crunchy roll? Haha… Gue ga beli tepung tempura, karena gue yakin Kerupuk Pempek bikinan nyokap bisa dibudidayakan.

Hummmm…. Sesudah gue keluarin semua bahan-bahan itu, gue dan pacar mulai bergerak. Gue yang menyiapkan nasi dan isinya, pacar yang bikin telur dadar dan mengambil alih menggulung lantaran gue gak berhasil mulu. Zzz…

Irasshaimaseee

*Welcome to Micheltien’s Sushitiam* (bukan Kopitiam)

Membuat Nasi

Berhubung kami gak membeli beras Jepang, akhirnya menggunakan nasi putih biasa, dan mengikuti saran dari seorang sahabat gue, nasi putih yang dimasak jangan terlalu keras/tabur, agar mudah menyatu, lalu tambahkan sedikit garam, kacang wijen, dan minyak wijen, agar nasinya menjadi lebih wangi. Dan setelah gue icip-icip, rasanya enak juga loh, sebelas duabelas lah sama nasi yang di restoran Jepang. Hahaha…

Membuat Isi

Kami membuat 2 macam isinya, ada yang isi sosis dan isi abon.

Oh iya, sebagai tambahan crunchy di dalam sushi, gue blend kerupuk pempeknya nyokap hihihi… Blend kasar aja, jangan terlalu halus, agar minyak di kerupuknya gak ikutan keluar, dan tetap garing. Tadaaa…jadi deh, tepung tempura jadi-jadian πŸ˜€ Eh Enak juga loh.

Kombinasinya antara lain: Telur dadar, Ketimun, SOSIS, Kerupuk.

Kombinasi kedua: Telur dadar, ABON, Ketimun.

How to Roll Sushi?

Errrr….Gue dan pacar sampe berdebat gimana-cara-menggulung-sushi. Ternyata, menurut gue bagian tersulit dari membuat Sushi adalah…Saat Menggulung -___-” Awalnya gue yang mencoba dan tidak berhasil, akhirnya pacar yang mencoba-coba, hasil yang pertama dan kedua berantakan, gak rapih hasilnya, tapi di percobaan ketiga dan selanjutnya, sudah mulai bagus bentuknya, Hahaha… Lupa gue fotoin prosesnya, yang pasti kocak banget, awalnya, bentuknya gak-meyakinkan-tapi-rasanya-bolehlahh πŸ˜€

Dan ini beberapa petunjuk yang gue dapat dari internet hari ini…

1. Cover your sushi mat or breadboard with plastic wrap or some other type of covering.

Step 1

Step 1

2. Place a sheet of Nori seaweed on the plastic wrap and spread a cup of sushi rice (short grain) on top. It should evenly cover from the near edge to 2/3 of the way to the far edge of the sheet.

Step 2

Step 2

3. Place a thin row of filling ingredients across the middle of the rectangular rice patch. Recommended ingredients include: fine strips of cucumber or carrot, avocado, smoked salmon, crab sticks and various types of prepared caviar like Tobiko. Various types of seafood are popular fillings, but if raw fish is to be used, it is important to use only expertly prepared fish to avoid food poisoning and tapeworm parasites.

Step 3

Step 3

4. Hold the edge of the mat with your thumbs, then lift the Nori and roll the sushi away from you. Make sure to keep the ingredients in place and that the rice sticks together.

Step 4

Step 4

5. Press several single grains of rice into the bare end of the Nori; these will act as “glue” as the sushi forms a roll.

Step 5

Step 5

6. Remember to tighten the roll with your sushi mat often, but not too tightly.

Step 6

Step 6

7. Allow the roll to sit for a minute before cutting it. You can use this time to make your next roll. This waiting period allows the Nori to slightly moisten from the rice, which makes it less likely to tear.

Step 7

Step 7

8. Using a sharp, wet knife, cut the roll into sixths.

Step 8

Step 8

9. There you have it: a perfect roll of cut Maki. (Maki is a way of sushi, whatever you put into it changes the name. For example, if you put Tuna in, it is Tekka Maki. Cucumber roll is called Kappa Maki).

Step 9

Step 9

Source: WikiHow

Ohh jadi boleh kasih nama dengan akhiran Maki ya… Kalo gitu sushi bikinan kami semalam gue kasih nama Mami Maki dan Noba Maki.

Mami Maki artinya… Sushi ini termasuk di dalamnya campur tangan Mami (nyokap) gue, atas Kerupuk Pempek-nya yang sedapp itu… :p

Noba Maki artinya… Sederhana, Sushi yang diisi Abon…Abon kalo dibalik jadi Noba kan?!?! Hehehe…

Mami Maki and Noba Maki

Mami Maki and Noba Maki

Special for Papi and Mami

Special for Papi and Mami

Gambar di atas adalah hasil kreasinya Michel Pramana… Mice suka banget Mayonnaise jadi setiap potongnya dikasih mayo sama dia. Hehe Terus, itu kepala Dargon Roll ceritanyaa?? Errrr…itu yang nyembul keluar bukan tempura udang atau semacamnya yaaa, tapi….Telor Dadar… :p

Okehh, Nanti kita bikin lagi yang lebih enak, yang lebih cakep, dan isinya lebih variatif lagi.

Arigatou Gozaimasu γ‚γ‚ŠγŒγ¨γ†γ”γ–γ„γΎγ™γ€‚

Salam Maki,

Micheltien’s Sushitiam πŸ™‚

ga

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in Her Daily News. Bookmark the permalink.

2 Responses to Micheltien’s Sushitiam

  1. michel says:

    luv u beb, nice blog πŸ™‚ next time must be better hehe πŸ™‚

  2. gembul says:

    mice dan heltin bikin lagi pas g di jkt, g pasti dtg untuk mkn gratis hahaha

Leave a Reply

