[Review] Addie MS: The Sounds of Indonesia

Executive Producer: Garuda Indonesia
City of Prague Phillharmonic Orchestra
Conductor: Addie MS
Concert Master: Lobos Havlak
Music Recorded at: Smecky Music Studios, Prague, Czech Republic
Concept and Design: Platinum Records
 

Sejujurnya, saya bingung membuat paragraf pembuka untuk postingan kali ini. Karena terlalu banyak yang ingin dikatakan sebagai kata-kata pembuka. Mereka berebutan untuk menempati paragraf awal, dan saya berkali-kali menekan tombol backspace, menulis kata-kata lainnya.

Namun akhirnya saya menyadari bahwa tidak ada kata-kata yang bisa dibabarkan di sini, karena perasaan yang terbentuk, tidak mudah untuk dirangkai ke dalam sebuah tulisan. Nah loh. Saya sebenarnya ngomong apa sih dari tadi?

Saya ingin mengatakan bahwa saya speechless karena terlalu kagum, terharu, sangat terpesona oleh album yang baru dibeli kemarin. Garuda Indonesia Presents: Addie Ms, City of Prague Philharmonic Orchestra: The Sounds of Indonesia.

Awalnya album The Sounds of Indonesia hanya diputar dan dapat dibeli di dalam pesawat Garuda saja, namun sekarang album ini sudah rilis di berbagai toko musik seperti Disc Tarra, Musik Plus, dan toko lainnya. Saya sempat kehabisan ketika ingin membeli album ini, namun kemarin sore ketika jalan ke Taman Anggrek saya masuk ke Musik Plus dan bertanya kepada penjaganya apakah albumnya sudah datang lagi, ahhh senangnya ketika dia menunjukkan ke saya album tersebut. Pertama saya dibuat kagum oleh design kotaknya, karena lain dari yang lain, sangat Elegan! Lebih kagum lagi ketika saya minta ijin mendengarkan dahulu sebelum membeli, gak-pake-lama saya langsung menuju kasir dan membayar, sebelum kehabisan untuk kedua kalinya 🙂

Album ini adalah wujud rasa cinta anak bangsa kepada Indonesia, hasil kerjasama antara maskapai penerbangan kebanggaan negara kita, Garuda Indonesia, dengan komposer ternama om Addie MS. Dibuka dengan lagu cantik Tanah Airku ciptaan Ibu Sud, disuguhkan dalam balutan orchestra nan megah yang membuat lagu yang sering kita nyanyikan saat sekolah ini, menjadi semakin indah dan berhasil membuat saya merinding. Ditambah dengan audiophile recording, dimana hasil rekamanannya sangat jernih.

Om Addie dan orchestra telah mengajak saya keliling Indonesia dengan berbagai lagu daerah yang ada di dalam album tersebut. Sebut saja Bungong Jeumpa dari Aceh, Anging Mamiri dari Sulawesi Selatan, Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan, Janger dari Bali, Yamko Rambe Yamko dari Papua, dan masih banyak lagi! Dalam album tersebut terdapat 2 CD, masing-masing berisikan 13 lagu.

Lagu-lagu daerah mulai dilupakan oleh masyarakat kita (baca: Generasi muda. Saya termasuk!). Lagu daerah sering dibahas dan dipraktekan ketika masih di bangku sekolah, saya pun menyadarinya semenjak lulus sekolah tidak pernah lagi mendengarkan lagu daerah, dan memainkannya di alat musik. Hanya terkadang sesekali tidak sengaja mendengarnya di televisi, itupun hanya sebentar.

Maka itu saya sangat bangga dan terharu bahwa om Addie MS dapat memberikan sentuhan yang berbeda bagi lagu-lagu tradisional Indonesia tanpa mengubah identitas sebuah lagu daerah, tanpa menghilangkan cita rasa alami nya. Hahhh susah menjelaskannya! Pokoknya kalian yang belum dengar, pergi sekarang juga ke toko musik, cari albumnya, langsung ke kasir, pulang, dan dengarkan dengan seksama. Ini album yang ciamik, yang membuat kita semakin sadar bahwa Indonesia benar-benar kaya akan keberagaman. Jangan K-Pop terus ya, teman… 😀

Sebagai catatan, ini bukan blog berbayar dan bukan promosi terselubung loh. Ini promosi terang-terangan. In My Sotoy Opinion, Indonesia memiliki banyak lagu daerah yang indah dan sangat-bisa-untuk-dikenal oleh masyarakat luar, jika dapat disuguhkan dalam bentuk yang modern, seperti yang pernah saya sedikit cerita di sini. Jadi ayo dengarkan album ini, dan saya yakin kita akan semakin cinta terhadap si empunya ribuan pulau, Indonesia.

Semakin bangga ketika saya menyadari, oh ini toh hasil rekaman ketika om Addie ke Praha tahun lalu, orchestra nya bule-bule ternyata… Whosaahh! Bule saja bisa memainkan lagu daerah kita, masa kita sebagai anak Indonesia tidak mengenal lagu-lagu negara sendiri? Malu dong 🙂

Garuda Indonesia, Presents:

ADDIE MS

City of Prague Philharmonic Orchestra

The Sounds of Indonesia

Itu boneka gue yee, bukan bonus CD

Itu boneka gue yee, bukan bonus CD

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in Her Daily News, In Her Mind, Listen and Enjoy. Bookmark the permalink.

11 Responses to [Review] Addie MS: The Sounds of Indonesia

  1. Id@ says:

    Dulu g cari di puri keabisan jg, laku tuch cd hehehee

  2. nalimen says:

    asli bikin mupeng nih album….tapi duit lagi mefet…:(

  3. buzzerbeezz says:

    Aku nyari2 CD-nya gak ketemu akhirnya ketemu di iTunes hanya 49 ribu 1 album 😀

  4. Fadli says:

    Saya juga udah beli di iTunes. Telat sih sebenernya, saya baru tau ada album The Sounds of Indonesia sekitar pertengahan tahun 2013. Tapi albumnya emang mantap.

  5. ike yolanda says:

    Saya ingin sekali memiliki album ini tp carinya susah sekali…

    • neitneit says:

      iya Ike memang agak sulit, waktu saya beli di Taman Anggrek kebetulan di toko Cd nya tinggal satu2nya karena belum datang barang lagi. Ga tau kalau skrg bagaimana. 🙂 Semoga cepat ketemu ya CD nya. Ingat, beli yang Aseli yah 😀

  6. nDyOniSius says:

    Angin Mamiri, Twilite Orchestra feat Veronica Tan

Leave a Reply

