[Harapan] Kembali Mendulang Emas

London 2012

London 2012

Pesta olahraga Olimpiade sudah selesai tadi malam. Indonesia harus puas di urutan ke enam puluh tiga, tanpa satupun medali emas di tangan. Berterimakasihlah kepada dua atlet pencetak perak dan perunggu, Triyatno dan Eko Yuli Irawan, di nomor angkat besi putra tingkat 69 dan 62kg.

Sekilas terlihat ini adalah penurunan prestasi Indonesia yang biasanya merupakan ‘langganan’ memperoleh medali emas di cabang bulutangkis, kini hasilnya nihil tanpa medali apapun di tangan dari cabang terunggul negara kita.

Sebagai warga negara yang tahunya hanya dari berita olahraga dan siaran di ESPN, tentu saja gue kecewa. Namun kekecewaaan gue tidak ada artinya dibandingkan rasa kecewa para atlet kita yang berlaga di ajang tersebut. Gue hanya bisa berdoa semoga di Brazil 4 tahun mendatang, organisasi olahraga di Indonesia mampu menyiapkan atlet-atletnya lebih baik lagi, bisa mengirimkan atlet yang lebih banyak (ini masalah dana) dan semakin berkualitas, agar peluang memperoleh medali pun lebih besar.

Negara kita sedang lemah di bidang politik, dengan maraknya kasus korupsi serta isu SARA demi kepentingan politik semata, sebenarnya gue tidak rela kalau di bidang olahraga, negara kita ikutan melemah. Apakah penurunan prestasi Indonesia di pesta olahraga ini sedikit banyak juga disponsori oleh besarnya kasus korupsi di negara kita, yang membuat fasilitas latihan jadi terbatas, yang juga membuat kualitas para atlet sulit berkembang? Entahlah, tidak ingin menuduh, ini hanya pemikiran gue, yang-suka-sotoy. Menurut gue  jangan hanya menyalahkan sang atlet dan pelatihnya, namun harus dilihat juga faktor-faktor di luar itu semua.

Indonesia dan Malaysia bertemu di titik yang sama di olimpiade tahun ini. Indonesia dengan penurunan medali, dan Malaysia dengan peningkatan medali dari olimpiade sebelumnya di Beijing. Dua negara melayu ini, yang sering sikut-sikutan mengenai identitas budaya yang dimiliki, kini harus berjabat tangan di ranking yang sama. Sungguh mengharukan 🙂

Gue hanya berharap, semoga empat tahun lagi, medali-medali yang gemerlap itu mampu diraih oleh atlet-atlet kita. Dengan jujur. Dengan penuh perjuangan. Dan lagu Indonesia Raya berkumandang.

Semoga…

Advertisements

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in Her Daily News, In Her Mind. Bookmark the permalink.

2 Responses to [Harapan] Kembali Mendulang Emas

  1. mikisensei says:

    Sedih banget liat atlet bulutangkis kita diusir kayak gitu. Lebih sedih lagi mereka yang harus menanggung kesalahan padahal kan pasti ada dorongan pelatih dan ofisial untuk keputusan seperti itu. It’s so unfair menurut gue 😦
    Tapi jangan patah semangat, meskipun langkah kontroversial ini tak boleh diulangi lagi kita harus terus berjuang. Di Brazil kita harus kembali merebut emas lagi!! Tetap berharap!

  2. neitneit says:

    Betul, kita harus teap berharap. Siapa lagi yg bisa mendukung atlet2 kita kecuali bangsa sendiri 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s