[Review] Ajahn Brahm Tour d’Indonesia 2013: Way to Freedom

Untuk yang kesekian kalinya, Ajahn Brahm menginjakan kakinya di Jakarta. Dan untuk kesekian kalinya juga, gue melihat langsung Ajahn tanpa perantara media, artinya bisa melihatnya secara langsung dengan mata gue ini. Hehehe

Gue beli tiket ini titip temen yang kasih gue info tentang kedatangan beliau, seperti yang pernah gue ceritain di link ini. Gue nonton ber4, bareng kokoh Mice, juga Adi dan Kyp. Tadinya temen vihara ada yang mau duduk bareng juga karena dia nonton sendirian, tapi dia datengnya telat jadi ruangan udah gelap dan sulit menemukan kursi gue, akhirnya dia ketemu temen vihara yang lain dan duduk bareng mereka. Padahal udah gue sisain 1 kursi, gak enak banget banyak orang yang tadinya nanyain kursi kosongnya, tapi gue selalu bilang udah-ada-orangnya. Tapi orangnya ga jadi duduk, dan gue jadi bu hao yi shi sama orang-orang lain itu. Hahahaha…

Seperti biasa, Ajahn bercerita dan ber-dhammatalk dengan gaya khasnya yang lucu dan gak membosankan, tapi membuat kita mikir. Bahasa Inggris yang digunakan juga mudah dimengerti, jadi biarpun ada penerjemah di sampingnya, orang-orang sudah bisa memahami sebelum penerjemahnya selesai berbicara.

Di usianya yang sudah 60an tahun, beliau masih terus aktif keliling negara untuk memberi dhammatalk, dan tetap produktif menulis buku.

Way to Freedom

Way to Freedom

WAY TO FREEDOM adalah tema dhammatalk tahun ini. Membahas isi dari kesunyataan mulia, yang salah satunya berisi bagaimana untuk hidup bebas dari penderitaan, yaitu 8 jalan kebenaran mulia. Dimulai dari  Jogja sampai Medan, 8 hari, yaitu Pandangan Benar, Perniatan Benar, Perkataan Benar, Perbuatan Benar, Penghidupan Benar, Pengupayaan Benar, Penyadaran Benar, dan Pengheningan Benar.

Jakarta kebagian tema kecil Pengupayaan Benar. Bagaimana kita dapat menjalani hari-hari dengan damai di tengah kesibukan pekerjaan. Fokus. Fokus itu menjadi intisari penting dalam setiap hal yang kita lakukan. Saat bekerja, bekerjalah 100%. Saat beristirahat, beristirahatlah 100%. Jadi ketika kita kembali beraktivitas, kita akan kembali fokus ke pekerjaan.

Banyak hal yang beliau paparkan hari itu. Kalau gue ceritain di sini, bisa ga kelar-kelar kali ya :p Dihadiri oleh lebih dari 5000 orang (kata panitianya begitu), Hall D2 JiExpo Kemayoran tampak sangat ramai. Banyak stand makanan dan buku-buku di sana.

Seperti tahun kemarin, tahun ini juga ada acara lelang barang dan Meditasi. Lelangnya kali ini adalah patung Buddha meditasi yang kayak di candi Borobudur, dilapisi kain batik tulis. Lalu  sebuah lukisan Ajahn Brahm, dan sebuah lukisan Candi Borobudur. Patung Buddha berhasil dilelang dengan harga sekian sekian juta, dan oleh pemenang lelang itu, patungnya disumbangkan kembali ke sebuah Vihara di Jakarta.

Meditasi? Jangan ditanya. Si ayank, gue pikir lagi khusuk bermeditasi, tapi kok lama-lama pundak gue terasa berat yah? Hmm, ternyata dia… *bisa tebak dong apa yang terjadi?* huahahaha… -__-

Tahun ini Ehipassiko Foundation sedang mengadakan proyek besar-besaran, yaitu untuk memperkenalkan kembali Candi Borobudur. Bukan hanya sebagai tempat dan objek wisata yang menarik turis lokal dan mancanegara, melainkan untuk memperkenalkan nilai-nilai luhur dan sejarah yang dimiliki oleh Candi tersebut. Kita lihat bagaimana perkembangannya tahun ini. Semoga banyak donatur yang mau ikut menyumbang supaya proyeknya berjalan lancar. Kenapa ga bergandengan sama pemerintah aja yah?! *tanya gih kenapa*

Yang gue bikin cinta banget sama ceramahnya Ajahn Brahm adalah, cara bertutur dan pembahasannya yang universal sehingga umat agama lain pun banyak yang turut hadir dan senang mendengarkan ceramahnya. Bahkan hadirinnya setiap tahun mengingkat 🙂 Kata seorang customer gue yang seorang Katolik, “Ajahn Brahm Way to Freedom. Good event. Always enjoy his teachings.”

Dan semoga tahun depan masih ada lagi acara Tour d’Indonesia nya.

Thank you Ajahn Brahmavamso. Thank you Ehipassiko Foundation.

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in Her Daily News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

