Etika Itu Logika

Kejujuran adalah kunci utama terciptanya sebuah kepercayaan jangka panjang.
Anda ingin dipercaya? Jadilah orang jujur dan berkompeten.
Orang pintar banyak ditemui, namun orang jujur semakin sulit dijumpai di jaman sekarang ini. Apalagi di dunia pekerjaan.

Berbicara A di depan kita, namun bertindak B di belakang kita. Berwajah manis di depan kita, namun menjulurkan lidahnya di belakang kita. Ada ya orang seperti itu? Ya, ada!

Sekali topengnya terbuka, dia masih meliuk-liuk mencari celah berusaha memungut topeng kacanya yang pecah di tanah. Masih mencari cara dan alasan agar dirinya bisa ‘dipercaya’ lagi, bahkan menjanjikan memberi bukti-bukti keterlibatan orang lain. Oh..untuk apa lagi ya? Basi.

Lain dia, lain pula yang satunya. Bersikap lurus, tatapan dingin, berusaha terlihat garang dengan menunjukkan gigi taringnya. Tapi, apakah macan ompong memiliki taring?

Ada orang yang selalu berkeluh kesah terhadap pekerjaannya, mencari celah untuk bertindak curang, namun setiap bulannya tetap menerima gaji dari tempatnya bekerja. Bukankah ia mengharamkan gajinya sendiri? dia tidak mensyukuri kehidupan bersama keluarganya selama ini. Sungguh disayangkan ketika awalnya dia dipercaya karena dianggap berkompeten, ternyata dirinya jatuh dalam kesombongan yang pada akhirnya merugikan dirinya sendiri.

Lain halnya jika orang itu tidak mengerti Etika, dikasih tahu, mengerti, dan memperbaiki diri. Akhirnya paham etika dalam bekerja. Itu sebabnya mengapa saat kuliah dulu ada yang namanya mata kuliah “Etika Profesi”. Gunanya ya itu dia, agar kita mengetahui etika-etika dalam bekerja dan profesi yang digeluti. Jangan sampai keluar dari jalur etika dan merugikan orang lain maupun diri sendiri.
Tidak sulit kok belajar etika, karena semuanya tetap kembali ke logika. Jadi sebetulnya tidak perlu orang yang berpendidikan tinggi untuk mengerti Etika.

Salam Damai,

NeitNeit

Advertisements

About neitneit

Call me Tien. It's simple and good enough.
This entry was posted in In Her Mind and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s